JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI, Jambi - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Meskipun pemberian layanan publik di masa pandemi ini merupakan sebuah tantangan tersendiri karena harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk BPJS Kesehatan sebagai lembaga negara yang menjalankan program jaminan kesehatan ini kembali hadir dalam layanan Mobile Customer Service On Call atau yang dikenal dengan MCS OC.
Berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya, hingga satu instansi ke instansi lainnya. MCS OC BPJS Kesehatan ini dirasakan sangat bermanfaat oleh peserta program JKN-KIS yang membutuhkan layanan administrasi kepesertaan maupun hanya sekedar mencari dan menambah informasi terkait Program JKN-KIS.
Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah Miftahul Huda, Auditor Senior pada Instansi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jambi ini pada saat menyambangi layanan MCS di Kantor BPKP Provinsi Jambi. Huda menyampaikan kesan nya terhadap layanan MCS OC BPJS Kesehatan pada saat melaporkan mutasi kepesertaan putri sulungnya yang telah keluar dari tanggungan dikarenakan sudah menikah.
“Seluruh pelayanan administrasi yang biasa didapatkan di kantor cabang ini dapat dilakukan disini (MCS OC). Tinggal mengikuti petunjuk dan mengisi formulir kepesertaan kemudian akan dilayani oleh petugas sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi saya, sangat praktis bahkan mereka yang mendatangi kami disini jadi kami tidak perlu ke kantor cabang nya lagi,” terangnya.
Huda menambahkan, program MCS memberi kepuasan pada masyarakat yang sangat membutuhkan layanan namun sulit untuk menyambangi kantor BPJS Kesehatan. Walaupun tidak dapat dipungkiri layanan ini tetap mengantre karena peminatnya sangat banyak.
"Padahal yang mengakses pelayanan saat ini rasanya ya orang-orang dari kantor sini saja tapi tetap saja antre, jadi ini membuktikan bahwa masih banyak peserta JKN-KIS yang membutuhkan pelayanan adminstrasi BPJS Kesehatan namun karena keterbatasan waktu mereka tidak bisa untuk memprosesnya, namun sekarang udah tenang lah ya soalnya sudah dijawab oleh BPJS Kesehatan dengan kehadiran MCS OC," Ujarnya
“Beradaptasi ditengah pandemi dengan tetap memberikan pelayanan secara maksimal dan profesional sepertinya sudah menjadi ciri khas BPJS Kesehatan, dan program seperti ini yang layak jadi unggulan,” tutup Huda.
Sebagai informasi MCS OC BPJS Kesehatan Cabang Jambi dapat hadir di wilayah Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi dengan ketentuan jumlah transaksi atau layanan minimal dilakukan untuk 10 Kartu Keluarga, artinya perwakilan masyarakat/Tokoh Adat dan/atau Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Pimpinan instansi dapat menghubungi nomor petugas BPJS Kesehatan Cabang Jambi di Nomor 08117410401, untuk melakukan penjadwalan kegiatan MCS OC ditempat.
Selain Layanan MCS OC BPJS Kesehatan juga membuka layanan tanpa tatap muka melalui pesan singkat aplikasi whatsapp atau Pelayanan Administrasi Via Whatsapp (PANDAWA) dengan nomor layanan 08117445897, sama halnya dengan MCS OC Layanan yang diberikan oleh PANDAWA ini mencakup seluruh pelayanan administrasi yang biasa didapatkan di kantor BPJS Kesehatan setempat.(*)
Mudahkan Pelayanan Selama Pandemi, BPJS Hadirkan MSC OC
Senin 20-12-2021,19:41 WIB
Kategori :