JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pencegahan penularan Covid-19 saat ini, peserta Program JKN-KIS tidak perlu khawatir lagi karena adanya aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi via Whatsapp (PANDAWA). Peserta tidak perlu datang tatap muka langsung ke kantor BPJS Kesehatan ketika membutuhkan pelayanan.
Hal tersebut yang saat ini digaungkan dan dipromosikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Adi Putra Pratama selaku Petugas Frontliner Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta menyebutkan bahwa kehadiran aplikasi Mobile JKN sering mendapatkan apresiasi dari peserta yang datang ke Kantor Cabang bahkan sebelum pandemi covid-19 terjadi.
Dengan adanya aplikasi Mobile JKN peserta yang tinggal berada jauh dari Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan bisa menikmati layanan selayaknya pelayanan di Kantor Cabang, kini demi menghindari pelayanan tatap muka guna mencegah penyebaran penularan virus covid-19 penggunaan aplikasi Mobile JKN kian dirasakan oleh masyarakat khususnya peserta program JKN-KIS.
“Semua pelayanan administrasi yang diberikan di Kantor Cabang bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, pengecekan status keaktifan, catatan pembayaran, perubahan data alamat dan lainnya bisa melalui aplikasi Mobile JKN, bahkan peserta yang butuh melakukan pencetakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga bisa memanfaatkan KIS Digital yang ada di aplikasi Mobile JKN bahkan dapat mengirimkannya ke email terdaftar untuk dilakukan pencetakan secara mandiri. Jadi tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, tinggal cetak dari aplikasi saja dan bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” jelas Adi.
Selanjutnya Adi menjelaskan juga selain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan turut mengenalkan adanya layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp), Layanan berbasis pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp ini juga mengakomodir masyarakat untuk melakukan perubahan data peserta yang tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN.
Mekanisme dari layanan PANDAWA ini adalah peserta tinggal mengirimkan pesan melalui nomor PANDAWA yang telah tersedia, untuk di Kantor Cabang Jambi sendiri peserta dapat mengakses layanan panda di 08117445897.
“Masa PPKM tidak mengurangi rasa semangat serta antusias peserta untuk tetap mendaftarkan diri sebagai peserta Program JKN-KIS, sehingga tingkat kunjungan ke Kantor Cabang di Awal masa pandemic masih tetap tinggi, namun setelah dua program unggulan ini diberikan kepada masyarakat perlahan pelayanan di Kantor Cabang pun berkurang, hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Daerah dengan cara mengurangi keramaian untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” tambahnya.
Banyak masyarakat telah mengakses layanan online BPJS Kesehatan, salah satunya adalah Hoiruddin yang telah merasakan layanan Mobile JKN BPJS Kesehatan.
Pria yang biasa dipanggil Udin ini menyebutkan bahwa ia memanfaatkan Mobile JKN pada saat perubahan data fasilitas kesehatan tingkat pertama dan penerbitan kartu kepesertaan digital.
“Aplikasinya sangat membantu disaat mendesak, seperti pada saat saya butuh perubahan data fasilitas kesehatan aplikasi Mobile JKN mampu mengakomodir perubahan tersebut, begitupun pada saat kartu kepesertaan saya hilang, tinggal tunjukkan KIS Digital saja langsung diterima oleh penyedia layanan kesehatan,” ujar Udin (*)
Aplikasi Mobile JKN Siap Layanin Masyarakat Dimasa Pandemik
Rabu 01-12-2021,14:04 WIB
Kategori :