Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jelang 2 tahun Merger, Pelindo masih memfokuskan pada efisiensi dan standarisasi pelayanan. Sesuai visi Pelindo “Menjadi Pemimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia”, serta misi “Mewujudkan jaringan ekosistem maritim nasional melalui peningkatan konektivitas jaringan dan integrasi pelayanan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia”. Dalam mewujudkan visi misi tersebut, Pelindo memiliki 4 pilar strategis, yaitu transformasi pelabuhan kelas dunia, penguatan ekosistem logistik, efisiensi supply chain maritim, serta peningkatan value perusahaan,
Dalam hal mewujudkan 4 pilar tersebut, Pelindo mengembangkan aplikasi Phinnisi yang merupakan salah satu bentuk layanan prima dari Pelindo yang secara bertahap sudah diimplementasikan di Regional 1,2,3,4 kepada seluruh stakeholder yang bertujuan untuk efisiensi dan efektivitas sistem pelayanan.
Aplikasi Phinnisi ini aplikasi berbasis digital untuk pelayanan kapal dan barang di pelabuhan menyediakan berbagai fitur yang mampu memberikan informasi akurat untuk pelayanan kapal, yang dapat diakses melalui genggaman tangan, kapanpun dibutuhkan. Ini sangat penting memberikan laporan komprehensif yang membantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen.
Pelindo Jambi melakukan sosialisasi aplikasi Phinnisi kepada internal Pelindo Jambi yang diselenggarakan 13-14 September 2023 kemudian, dilanjutkan dengan sosialisasi pelanggan shipping agent Pelindo Jambi yang diselenggarakan pada tanggal 19 September 2023 bertempat di Ruang Rapat Pelindo Jambi. Sosialisasi yang dihadiri oleh GM Pelindo Jambi, Kepala KSOP Talang Duku Jambi, Kepala KSOP Muara Sabak dan Ketua Asosisasi INSA dan ISAA dan 50 pelanggan.
BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kirim Foto Porno ke Mahasiswi, Oknum PNS Pemprov Jambi Ditangkap Polisi
Dalam sambutan GM Pelindo Ahmad Fahmi mengatakan, Pelindo Jambi berkomitmen dalam menjalankan 4 pilar strategis Pelindo. Salah satunya, terus fokus dalam pembenahan pelayanan kepelabuhan dengan mengimplementasikan aplikasi Phinnisi sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan.
“Kami turut senang aplikasi Phinnisi mendapat apresiasi dari pengguna jasa karena, Phinisi adalah bentuk penyempurnaan dari aplikasi versi sebelumnya, pembaruan fitur yang mempermudah koordinasi bagi user dan pengguna jasa dapat mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas pelayanan kapal dan juga berdampak pada peningkatan nilai perusahaan masing-masing,” tutur Ahmad Fahmi
Sementara itu, Kepala KSOP Talang Duku Jambi Yuserizal menyatakan dalam sambutannya, Mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pelindo dalam pelaksanaan pelayanan kepelabuhan, melalui fitur baru yang dikeluarkan lalu lintas pelayaran dapat termonitor dengan baik. Maka dari itu, sebagai mitra pelabuhan bagi Pelindo Jambi, KSOP berkomitmen menjalankan tugasnya sebagai pengawasan dan penegakan hukum dalam bidang keselamatan pelayaran.
Zulfan ketua Asosiasi INSA dalam acara sosialisasi juga membeberkan tanggapan terhadap aplikasi Phinnisi. Ia mengatakan, proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan pelayanan kapal, sampai dengan kebutuhan billing dan reporting dapat tercover dalam satu aplikasi. Hal ini membantu kami untuk melakukan monitoring kegiatan secara realtime.
Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut pihak internal Pelindo Jambi dan pengguna jasa diberikan kesempatan untuk live trial bersama-sama. Hal tersebut dilakukan agar seluruh perserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut memahami secara menyeluruh tentang pemutakhiran aplikasi Phinnisi tersebut.
BACA JUGA:Peduli Warga, Mengenal Unit Usaha Rimbo Dua PTPN VI Jambi
“Pada akhir September ini, Pelindo Jambi berencana melaksanakan golive aplikasi Phinnisi. Kami menunggu dan segera mempercepat implementasi aplikasi Phinnisi kepada pengguna jasa Pelindo Jambi, untuk kedepan kita akan mengarah kepada pendalaman dan audit penerapan aplikasi Phinnisi,” pungkas Ahmad Fahmi.*