3. Partisipasi Masyarakat.
Smart city yang berhasil, dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Dengan adanya saluran komunikasi yang terbuka untuk mendengar aspirasi dan kebutuhan masyarakat, tentu akan dapat mendorong warga untuk terlibat dalam pembangunan wilayah sesuai dengan kebutuhan masyarakat .
4. Layanan Digital.
Dalam upaya mewujudkan Muaro Jambi sebagai Smart City, kita akan mengutamakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah juga menyampaikan masyarakat juga dapat mengakses layanan pemerintah secara online, seperti Layanan Administrasi Kependudukan, melalui aplikasi Mekdocabi, layanan pajak dan retribusi daerah dengan aplikasi ITAX E-STPD, layanan SPPT Pajak PBB dengan Aplikasi Klik SPPT, layanan perizinan dengan mengklik aplikasi Online Single Submission (OSS), dan layanan publik lainnya.
"Dengan adanya layanan digital yang mudah diakses ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah pada umumnya dan Pemkab Muaro Jambi pada khususnya," harapnya. *