JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Komunikasi yang efektif adalah kunci utama dalam menjaga hubungan interpersonal, baik di lingkungan pekerjaan, keluarga, maupun pertemanan.
Namun, banyak faktor yang dapat menyebabkan komunikasi menjadi buruk dan tidak berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa penyebab utama mengapa komunikasi bisa terganggu dan menjadi tidak efektif.
1. Kurangnya Mendengarkan dengan Aktif
Salah satu penyebab utama buruknya komunikasi adalah kurangnya kemampuan untuk mendengarkan secara aktif.
Mendengarkan aktif tidak hanya berarti mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga memahami maksud, emosi, dan konteks di balik kata-kata tersebut.
Ketika seseorang terlalu fokus pada apa yang ingin mereka katakan selanjutnya, mereka cenderung tidak benar-benar mendengarkan lawan bicara, yang mengarah pada miskomunikasi dan perasaan tidak dihargai.
BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Mayat Dalam Lemari Tertangkap!
BACA JUGA:Gelapkan Gulungan Tembaga Milik Perusahaan, 3 Karyawan PT KTN dan 1 Penadah Ditangkap di Jambi
2. Kegagalan Menyampaikan Pesan dengan Jelas
Komunikasi menjadi buruk ketika pesan yang disampaikan tidak jelas, ambigu, atau terlalu rumit untuk dipahami.
Ketidakmampuan untuk menyusun pikiran dan menyampaikan pesan secara ringkas dapat membingungkan lawan bicara.
Hal ini sering kali terjadi karena pembicara tidak menyesuaikan gaya komunikasi dengan audiensnya, baik dalam hal bahasa, tone, atau konteks.
3. Asumsi dan Prasangka
Sering kali, kita membuat asumsi tentang apa yang akan dikatakan atau dilakukan oleh lawan bicara.
Asumsi dan prasangka ini dapat menghambat komunikasi yang sehat, karena kita mungkin tidak benar-benar mendengarkan dan lebih cenderung menilai atau menafsirkan pesan berdasarkan bias yang sudah ada.