Titik Tumpu Dalam Momentum Sosialisasi, Study Pilkada 2020 dan 2024

Titik Tumpu Dalam Momentum Sosialisasi, Study Pilkada 2020 dan 2024

Tak ada jawaban pasti untuk ini, namun jika mengacu pada eletabilitas sebagai variabel yang dinamis, bisa naik atau turun, secara momentum waktu itu kurang tepat, karena waktu yang masih panjang, dinamika yang bum seutuhnya terbangun, serta titik fokus masyarakat yang belum berpikir tentang pilkada. Dimana semaunya bisa mendorong para calon masuk kepada jebakan elektabilitas yang semu.

Menjaga treatment politik kepada pemilih penting, namun ada yang lebih penting dari itu. Tak lain membangun kohesivitas antara calon dengan sebanyak mungkin dengan personal masyarakat di banyak titik atau lokasi. Membangun jaringan emosional kepada pemilih secara alamiah bukan melalui acara. Disinilah sebenarnya akseptabilitas atau penerimaan calon itu terbentuk. Penerimaan yang menjembatani antara pengenalan dan keterpilihan. Salam.

*Peneliti LKPR dan Dosen Pasca Sarjana UIN STS Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: