JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Dalam era yang serba digital, tentunya seluruh bisnis juga harus mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan. Hal ini lah yang menjadi alasan Bank Mandiri secara aktif terus mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan peran teknologi di depan untuk memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat.
Memasuki usia 23 tahun Bank Mandiri telah melakukan lompatan (quantum leap) untuk menyediakan solusi perbankan digital yang andal kepada nasabah dengan meluncurkan Super App Livin' By Mandiri untuk menghadirkan customer experience selayaknya layanan Cabang dalam genggaman serta Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.
Salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri ini tercermin pula dari meningkatnya jumlah pengguna Super App Livin' By Mandiri yang mencapai 8,2 juta penggunaan di akhir Agustus 2021 meningkat sebesar 43% jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya. Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri juga menembus 608 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp 1.008 Triliun per akhir Agustus 2021.
Adapun untuk mengakomodir semakin dinamisnya kebutuhan dan ekosistem nasabah segmen wholesale yang merupakan core-business eksisting dari Bank Mandiri, bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-23 Bank Mandiri meluncurkan Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri yakni layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. Sampai dengan akhir Agustus 2021 (YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri mencatatkan sebanyak 123 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp. 6.449 Triliun.
Selaras dengan tema HUT ke-23 “Mandiri Jadi Digital” perseroan telah mampu mendigitalisasi hampir seluruh layanan transaksi nasabah Bank Mandiri. Hasilnya, hingga kuartal III 2021 lebih dari 95% transaksi perbankan Bank Mandiri dilakukan secara digital.
“Menginjak usia ke-23 tahun, Bank Mandiri telah siap menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah dengan layanan perbankan digital terbaik, dengan kecepatan dan keunggulan dalam mendigitalisasi layanan dan produk perbankan yang menjadi pembeda dalam persaingan ketat industri perbankan di masa mendatang” kata Suroso selaku Area Head di sela-sela perayaan HUT ke-23 Bank Mandiri di Gedung Bank Mandiri Area Jambi.
Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri memperbaharui Super App Livin’ by Mandiri sebagai bentuk penyempurnaan terkini digital banking perseroan. Adapun fitur teranyarnya antara lain pembukaan rekening baru, verifikasi wajah, quick access, tarik tunai tanpa kartu, top up dan update saldo e-money dengan satu klik hingga transfer dan bayar tagihan favorit di satu tempat.
Tak berhenti di situ, solusi digital super alias super digital solution bertajuk Kopra by Mandiri turut dihadirkan guna memenuhi kebutuhan transaksional nasabah wholesale. Super digital solution ini akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.
Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri hadir dalam 3 (tiga) varian layanan, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen wholesale.
Secara konsep, Super App Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri sama-sama mengusung pendekatan comprehensive banking experience, dengan aneka fitur yang mendekatkan Bank Mandiri ke dalam ekosistem digital serta memperkuat kolaborasi bersama Mandiri Group.
Sebagai salah satu rangkaian perayaan HUT ke-23, Bank Mandiri Area Jambi juga menyelengarakan event “Melivinkan Negeri Jambi” yang dilakukan secara serentak di 16 titik perayaan, yang meliputi 7 titik di Kota Jambi dan 9 titik yang tersebar di kabupaten/kota Provinsi Jambi. Selain itu juga diselenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi puncak campaign Livin by Mandiri yaitu Gowes Livin, pemotongan tumpeng, pelepasan balon, kompetisi tik tok untuk umum dengan hadiah jutaan rupiah, serta open booth Livin by Mandiri di Mall Jamtos yang sudah berlangsung sejak tanggal 2 Oktober sampai dengan 14 Nopember 2021.
Puncak campaign Livin, Bank Mandiri Area Jambi juga mengadakan Webinar edisi spesial bersama Ibu Gubernur Provinsi Jambi, Hj. Hesnidar Alharis, SE dan Ibu Hj. Umu Suroso sebagai narasumber. Webinar membahas mengenai Menyeimbangkan Peran sebagai Isteri, Ibu Rumah Tangga dan Perempuan Bekerja. Webinar berlangsung interaktif diselingi dengan berbagai promo Livin by Mandiri, sesi tanya jawab dan Quiz berhadiah.
Diharapkan dengan berbagai campaign Livin dan Kopra yang dilakukan, akan membuat masyarakat semakin menyadari berbagai kemudahan yang didapatkan dari layanan digital yang ditawarkan oleh Bank Mandiri. (ikl/muz)