Belajar Sejarah Itu Mudah?

Belajar Sejarah Itu Mudah?

Menyiapkan pengamat (observer)
Maksudnya adalah disini kita sudah menyediakan berbagai referensi buku bacaan

dari berbagai sumber yang memperkaya wawasan dan pengetahuan kita jadi kita tidak terlalu merasa terbebani dengan berbagai tugas yang diberikan karena kita sudah mempunyai acuan untuk mengerjakan tugas tersebut.

  • Diskusi dan evaluasi
    Hendaknya dalam melakukan diskusi disini kita mematuhi aturan dan kaidah kaidah

    yang baik dan benar saling bertukar pikiran dan saling mengevaluasi sesama agar tercipta keharmonisan didalam sebuah diskusi yang nantinya menciptakan ke asyikan tersendiri di dalam belajar sejarah, yang terpenting saling keterbukaan dan saling menghargai argument satu sama lain.

  • Berbagi pengalaman
    Khususnya untuk mahasiswa baru untuk lebih dekat kepada senior senior yang sudah

    berpengalaman di bidang sejarah yang nantinya akan dapat membantu permasalah yang terjadi dan umumnya mereka juga sudah memiliki berbagai pengalaman terutama di dalam belajar sejarah.

  • Pengaplikasian

  • Ini merupakan bagian terfavorit bagi beberapa kalangan yaitu sebuah pengaplikasian dimana pengaplikasian disini seperti sebuah Program Kerja Kuliah Lapangan (KKL) hal ini juga sangat memiliki dsmpak yang positif dimana mahasiswa umumnya dapat belajar sekakigus menikmati liburan dari sesaknya tugas perkuliahan.

    Mengembangkan strategi pembelajaran Menurut Dick and Carrey (1985) untuk mengembangkan strategi yang baik dan benar dalam belajar ada 3 yaitu:

    1. Mengurutkan dan merumpunkan tujuan ke dalam pembelajaran
      Disini mahasiswa harus mampu menelaah setiap pemikiran yang nanti nya apakah

      pemikiran dan langkah yang di lakukan itu sesuai dengan target awal dalanm pembelajaran

      sejarah agar mencapai nilai yang dan target yang di inginkan.

    2. Merencanakan prapembelajaran, pengetesan, tujuan ke dalam pembelajaran

      Seharusnya seperti yang telah di singgung di materi sebelumnya mahasiwa di tuntut untuk kreatif tidak ada salah nya untuk mencoba coba sesuatu proses pembelajaran selagi masih dalam lingkup yang positif dan hendaknya mahasiswa itu tidak hanya terpaku kepada dosen saja dan di tuntut untuk berfikir rasional karena ilmu tidak hanya di dapat dari dosen, karena juga banyak sumber ilmu lain misalnya, dari perpustakaan dan jurnal- jurnal Internasional untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

    3. Menyusun alokasi waktu berdasarkan strategi pembelajaran
      Maksudnya adalah setiap mahasiswa mampu untuk mem planning jadwal nya masing-

      Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

      Sumber: